Dari penulis, untuk iklan pembaca.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa blog ini tidak menampilkan iklan, yang berarti blog ini didanai oleh pembaca seperti kamu.

Mengapa?

Mengapa tidak?

Oke serius. Kamu suka membaca khususnya bacaan-bacaan yang ada di internet? Sama. Bagaimana pengalaman membaca yang kamu dapatkan ketika membaca tulisan-tulisan yang ada itu?

Judul click-bait?

Penuh dengan iklan?

Halaman dimuat sangat lambat?

Tulisan yang ada dipecah menjadi berhalaman-halaman?

Hey, sberapa sering kamu mengklik tombol Block ketika situs tersebut meminta kamu untuk mengirim Push Notification?

Juga, sudah berapa kali kamu mengklik tombol close untuk setiap popup yang muncul tanpa permintaan kita secara tiba-tiba?

Disini, kamu tidak akan menemukan itu semua. uBlock Origin kamu hanya bertugas untuk mem-block permintaan ke Google Analytics yang kami gunakan untuk mengukur kinerja blog ini yang sebenernya gak penting-penting amat.

Kami tidak peduli dengan trafik, serius. Trafik hanyalah sebatas angka, dan kami menjadikan 'dampak' sebagai ukuran 'kesuksesan' kami. Karena kami belum menemukan cara pasti untuk mengukur dampak tersebut, jadi kami asumsikan "dukungan yang didapat" sebagai refleksi dari dampak tersebut.

Karena sederhana, jika kamu merasa tulisan-tulisan yang ada disini menurutmu bermanfaat—alias kamu mendapatkan/merasakan manfaatnya—maka kami asumsikan kamu akan "berterima kasih kembali" kepada kami dengan menyisihkan beberapa rupiahmu kepada kami untuk membeli kopi.

Dan ya, untuk membantu membayar biaya server juga.

Jika tidak mendapatkan dukungan? Sederhana juga: Berarti tulisan-tulisan disini masih kurang bermanfaat, karena kamu tidak mendapatkan/merasakan manfaatnya setelah membaca tulisan-tulisan yang ada disini.

Yang artinya, kami harus bekerja lebih keras lagi. Entah sekeras apa.

Bagaimanapun, kami—penulis—bekerja untuk kamu: Pembaca. Bukan kepada iklan, yang mana semakin besar angka trafik berbanding lurus dengan semakin besar pendapatan yang akan didapat.

Oleh karena itu, situs-situs pun akan "berusaha keras" untuk membuat pembaca pengunjung memberikan trafik sebanyak-banyaknya ke situs mereka tersebut.

Bentuk terima kasih kembali

Ya, kita melakukan "terima kasih kembali" juga setelah kamu berterima kasih kepada kita via "mengirim uang tip". Yang mana, kami akan memunculkan namamu, avatar dan url ke akun Twitter kamu, plus ke alamat situs pribadimu (atau situs yang kamu miliki lainnya) sebagai bentuk terima kasih kami.

Hmm... Tertarik untuk mengetahui tentang Backlinks?

Selain membantu untuk hal-hal terkait Search Engine, juga membantu untuk membuat situsmu dijangkau oleh orang lain. Kami rasa ini solusi win-to-win, karena tidak merugikan pembaca juga disamping mereka (kemungkinan) akan mengunjungi situs kamu dari melihat "daftar pendukung".

Untuk sekarang, pendukung yang ada di "CTA" dibagian paling bawah setiap tulisan menampilkan pendukung berdasarkan kronologis. Dan jika kamu sudah tertarik mengapa kamu harus mendukung blog ini, waktunya menuju ke halaman ini?