Seperti yang gue bilang tadi, gue akan buat tulisan mini series yang bertemakan REST API, semoga kesampean ya hehe.


Sesuai judulnya dari tulisan ini yang katanya 'Pengertian Singkat REST API', tapi sebelum itu gue pengen ngasih tau dulu apa itu REST dan API.

REST

Adalah singkatan dari Representational state transfer, yang dimana REST itu sendiri adalah sebuah software architectural style. Hmm ga ngerti kan? sama pakk.

Intinya REST itu suatu style/rules arsitektur dan komunikasi yang sering di gunakan dalam pengembangan web services.

Misalnya lo pergi ke suatu link/URL (resources), proses ini disebut request dan ketika data (apalah ini itu) balik, ini disebut response.

Sebenernya style architecture ini ga cuma REST aja, contohnya ada SOAP dan XML-RPC. Kalo mau tau lebih lanjut bisa baca disini.

API

Adalah singkatan dari Application Programming Interface

Secara umum dan singkat, API memungkinkan aplikasi berkomunikasi satu sama lain.

The API is not the database or even the server, it is the code that governs the access point(s) for the server. - Perry Eising
API Illustration (https://medium.com/@perrysetgo/what-exactly-is-an-api-69f36968a41f)

Lebih kurang seperti itu REST dan API...

Nah sekarang gimana REST API ini bekerja?

Kerja REST API

REST API memecah transactions untuk membuat serangkaian modul-modul. Setiap modul mempunyai tujuan dari masing-masing modul dan karena di pecah-pecah, jadi membuat developer mudah untuk develop karena flexibilitynya, tapi bisa kebalikkannya kalau buat dari scratch.

REST API secara eksplisit mengambil keuntungan dari metodelogi HTTP yang di tentukan oleh protokol RFC 2616 (GET, POST, DELETE, PUT, PATCH, etc).

REST API

Jadi REST API itu adalah sebuah API yang menggunakan HTTP request untuk GET, POST, DELETE, PUT, PATCH data.

Analoginya gini..

Misalnya gue mau beli sepasang sepatu di mall...

Gue akan keliling mall sampe gue dapet sepatu yang gue mau, pas uda dapet eh ternyata ukurannya salah.

Gue pengen nyari ukuran yang pas kan, tapi gue ga punya akses untuk gudang (biasanya kan kalau di mall-mall gitu ada gudang atau stock barang gitu kan).

Yang gue lakuin pasti hubungin karyawati (harus karyawati, gamau karyawan. Red: Rasis lu) untuk minta tolong cariin ukuran sepatu yang tepat buat gue, ya karena cuma dia yang punya akses untuk masuk ke gudang.

Proses gue minta tolong ke karyawati ini disebut request.

Setelah doi masuk ke gudang, doi akan balik lagi ke gue untuk ngasih sepatu dengan ukuran sepatu yang gue minta.

Proses doi balik ke gue dan ngasih barang yang gue minta itu disebut response.

Kesimpulan

Anggap aja API itu seperti karyawati yang gue jelasin tadi atau anggap aja doi sebagai "the messenger".

Ketika gue membuat request ke doi, doi akan menggunakan akses yang dimilikinya untuk memberikan apa pun yang gue request atau setidaknya ngasih response atas request-an gue...

https://blog.sheetsu.com/rest-api-for-dummies-the-store-metaphor-c9e531bcd425

Sepertinya gitu aja deh singkatnya, karena gue baru mulai belajar nulis blog, tolong di maafkan klo ada yang salah..