Concat adalah tentang "medium" untuk "menggabungkan" developers di Indonesia. Jika kamu sudah mengetahui HackerNews dan Lobsters, seharusnya kamu sudah familiar dengan Concat.

Banyak tulisan yang ditulis oleh developers di Indonesia yang tersebar di Internet. Dari tulisan seputar teknikal, ataupun berbagi pengalaman pribadi yang dimiliki oleh developers itu sendiri.

Sayangnya, terlalu banyak kebisingan di Internet. Jika kamu mencari "Belajar JavaScript" di search engine, tentu akan mendapatkan banyak hasil. Yang kebanyakan bukan ditulis oleh individual, melainkan, merepresentasikan sebagai company.

Juga, tidak ada "recommendation engine" sehingga kita bingung ingin memilih link yang mana, meskipun secara intuitif kita akan memilih dibarisan yang paling atas dihalaman pertama.

Medium untuk saat ini sudah menjadi platform yang sempurna untuk permasalahan yang dibahas diatas. Sayangnya, banyak blogger di Medium meninggalkan mulai meninggalkan Medium dengan alasan masing-masing, tidak terkecuali untuk developers Indonesia.

Alternatif dari "Medium" adalah RSS Reader. Sama seperti Medium, kita akan mendapatkan notifikasi ketika pengguna yang kita follow (rss blog yang kita subscribe) menerbitkan tulisan baru. Sayangnya (lagi), RSS reader sifatnya private. Singkatnya, Concat ingin menjadi RSS feed nya developers di Indonesia, namun bersifat publik dan sosial. Setiap orang bisa melihat, dan setiap orang bisa berinteraksi.

Pemirsa Concat

Concat dibuat khusus untuk developers Indonesia. Namun link yang dibagikan tidak sebatas seputar teknikal. Kamu bisa membagikan pengalaman, pendapat, pandangan, dsb selagi kamu adalah seorang developers dari Indonesia.

Link yang dibagikan pun tidak selalu harus menggunakan bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan bahasa apapun seperti sunda, jawa, batak, dsb selagi itu datang dari Indonesia. Bahasa Inggris pun tidak apa-apa, namun lebih diutamakan menggunakan bahasa Indonesia agar kita bisa menjangkau lebih banyak developers di Indonesia untuk berbagai kalangan.

Tujuan Concat

Sebagai medium untuk developers Indonesia yang menulis blog. Concat dibuat bukan untuk profit, tidak ada niatan sekalipun untuk menampilkan iklan dari advertising network.

Privasi di Concat

Tidak ada privasi di Internet ini. Concat menggunakan privacy-friendly analytics yakni Fathom. Tidak ada data personal yang dikumpulkan oleh Concat (ataupun blog ini). Hanya data-data yang penting untuk melihat insight pengguna.

Ada beberapa data mandatory yang harus diisi untuk keperluan register (seperti email dan password (encrypted)), dan sejujurnya Concat tidak peduli dengan data tersebut, meskipun berada di database kita.

Silahkan gunakan temporary email jika ingin, selagi kamu ingat temporary email yang kamu gunakan.

Tell me more!

Fariz, core maintainer Concat sudah menuliskan tentang Concat via pendapat pribadinya yang bisa diakses disini. Sempatkan waktumu untuk membaca tulisannya agar mengetahui konteks lebih lanjut tentang Concat.

Terima kasih sudah membaca!